Sabtu, 21 November 2009

Hacker, Craker, dan Carder

Sejarah Hacker & Cracker
Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi
mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial
Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut
merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka
beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul
dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian
dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik
dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker
semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk
memahami dan menguasai sistem komputer.
Sebab, pada tahun 1960 tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok
kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode
area lokal mereka. Kelompok yang selanjutnya disebut hacker tersebut dinyatakan
bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker
Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.
Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena
testimonial-nya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa
percobaan.
Pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut diri hacker,
padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan
lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati
menyebut orang-orang ini 'cracker' dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker
sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab dan tidak
terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos
keamanan seseorang telah menjadi hacker.
Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap
pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang p pertemuan hacker terbesar di dunia
tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran
informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking.
Event pertemuan para hacker di Indonesia di motori oleh komunitas Yogyafree dan
Jasakom yang sifatnya insidentil serta pertemuan yang sifatnya bersamaan dengan
event Seminar Nasional, dll.
Melalui Komunitas White Hacker ini, Yogyafree mengarahkan dan membekali member
dengan wawasan berbagai teknik hacking maupun pengetahuan dalam security
system serta pengetahuan mengenai IT secara luas.
Pengertian Hacker & Cracker
1. Hacker
Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang
bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya
dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah
sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan
komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah
teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa
Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi
adalah hacker, namun bukan sebagai perusak.
Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk
keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan
oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusup an
dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang
bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker.
Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak
luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para
cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan
auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger
Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.
2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker
lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau
lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface
(merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data
orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan
sendiri, maksud jahat atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa
proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.
3. Carder
Carder adalah sebutan untuk mereka yang memanfaatkan data kartu kredit orang
lain untuk kepentingan sendiri. Sebetulnya Carding ini juga tidak lepas dengan skill
Hacking karena Carder sejati / Carder yang asli mendapatkan data kartu kredit orang
lain melalui proses Hacking ke Database suatu Webserver ( biasanya Websites
eCommerce ). Jadi Carder-pun memiliki skill Hacking…
Hirarki / Tingkatan Hacker
1. Elite
Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi &
menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya,
effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan
data-data, dan selalu mengikuti aturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut
sebagai ‘suhu’.
2. Semi Elite
Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan &
pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk
lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
3. Developed Kiddie
Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca
tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai
sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya,
umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari
UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
4. Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya
mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari
GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup
sebagian pengguna Internet.
5. Lamer
Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker
sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer
mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software pirate, mencuri
kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS,
suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak
kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan
sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.
Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan
merusak.
Carder hanya dibedakan sebagai Carder Profesional dan Carder Pemakai.
Kode Etik Hacker
1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas.
2. Semua informasi haruslah FREE.
3. Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralisasi.
4. Tidak memakai identitas palsu, spt : nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll.
5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer.
6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.
7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus
disebar luaskan.
8. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software
tertentu.
9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas
teknologi komputer.
10. Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk
menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer.
Cracker tidak memiliki kode etik apapun.
Aturan Main Hacker
Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker sbb, yaitu:
Ø Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
Ø Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan /
lubang di keamanan yang anda lihat.
Ø Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
Ø Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
Ø Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan
sendiri.
Ø Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan &
mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
Ø Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
Ø Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
Ø Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.
Ø Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main
sedang Cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker
sifatnya merusak.
Thief Hacker adalah hacker yang mencuri target untuk keuntungan pribadi.
Perbedaan Hacker & Cracker
A. Hacker
1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh :
jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan
berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk
diperbaiki menjadi sempurna.
2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi
siapa saja.
3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu
pengetahuan dan kebaikan.
B. Cracker
1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau
merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode
Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail / Web Server.
2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
3. Mempunyai situs atau chanel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang
bisa mengaksesnya.
4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak ( hidden IP ).
5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan
situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah
mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus
clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.
2 Jenis Kegiatan Hacking
1. Social Hacking, tujuannya : informasi tentang system apa yang dipergunakan
oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang
dipergunakan jenis apa, routing system dan security firewall-nya bagaimana lalu
bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi ISP mana lalu
informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga
tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan berbagai informasi lainnya.
~~> mencari data & informasi
2. Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke
dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas
system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang
keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah
mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana
pun.
~~> mencari celah keamanan, menyerang dan menguasai system
Akibat yang ditimbulkan oleh Hacker & Cracker
1. Hacker
Membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya
dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki celah kelemahan
sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software,
membuat gairah bekerja seorang Administrator maupun Developper kembali
hidup karena hacker membantu Administrator untuk memperkuat jaringan mereka
dan membantu Developper untuk menciptakan software yang lebih baik lagi.
2. Cracker
Merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data
pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah.
To Day Hacker Community
1. White hacker atau White Hacker Community
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking
untuk kepentingan dan bertujuan yang positif serta untuk mencari celah keamanan
suatu system maupun suatu software serta memperbaiki celah keamanan yang
ditemukan tersebut ( atau menginformasikan celah keamanan yang ditemukan
kepada pemilik system tersebut ).
Berani menampakkan dirinya secara terang-terangan, ada struktur organisasi yang
jelas dan tanggung jawab ada pada masing2 personal pelakunya maupun pada
Organisasi serta mau berbagi ilmu / sharing pengalaman dengan public.
2. Black Hacker atau Black Hacker Community
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking
untuk kepentingan pribadi dan bertujuan merusak, mencuri data / informasi,
mengunakan Carding untuk keuntungan pribadi, serta merugikan orang lain, dll.
Tidak berani menampakkan dirinya secara terang-terangan dan tanggung jawab ada
pada masing2 personal pelakunya. Serta lebih menyukai gaya hidup individual dari
pada bermasyarakat.
3. Blue Hat
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking
sebagai security advisor…
Conclusion
Para Hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat,
menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah
sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat
para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini,
bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi.
Maka Hacker dapat disebut sebagai Pahlawan IT sedang Cracker dapat
disebut sebagai Penjahat IT karena melakukan melakukan penyusupan
dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud
merugikan orang lain. Hacker atau White Hacker sifatnya membangun
dan Cracker atau Black Hacker sifatnya membongkar dan merusak.
IT adalah ASSET Strategic bagi perusahaan untuk mengalah kompetitor.
Kondisi Internal IT yang sehat sangat mendukung performance seluruh
departemen dalam perusahaan.
Tips Proteksi PC dari Hacker
1. Gunakan Antivirus, Firewall, AntiSpyware.
2. Uptodate Virus Engine.
3. Proteksi IPS ( Intrusion prevension System ) & IDS
(Intrusion Detection System)
4. Backup OS & Data PC.
5. Update Pacth Security ( OS Server, Client, DBServer ).
6. Policy & Monitoring semua Device PC yang tepat.
7. Maintenance secara berkala, terutama PC yang sering
dipakai untuk koneksi internet minimal 1 minggu sekali.
Survey Membuktikan…
Kerugian yang di timbulkan oleh Black Hacker terhadap target corporate
sangat besar, khususnya perbankan maupun e-Commerce / Online
Transaction serta interkoneksi antar cabang.
Komunitas White Hacker berperan sangat penting dalam membuka wawasan
masyarakat maupun Corporate akan pentingnya fungsi proteksi security
system untuk melindungi data perusahaan daripada akses orang lain yang
tidak berhak.
COMPUTER CRIMES THE NCCS INVESTIGATES INCLUDE -
* Intrusions of the Public Switched Network (the telephone company)
* Major computer network intrusions
* Network integrity violations
* Privacy violations
* Industrial espionage
* Pirated computer software
* Other crimes where the computer is a major factor in committing the
criminal offense
Info Hacking Activity
# Training & Workshop, materi Hacking & Security Protection /
membangun Firewall untuk Warnet, SOHO dan Corporate serta
inhouse.
# HackintOSH, ( IatkOS & KallyWay ) komunitas Hacker sedang
mengembangkan MAC OS X agar bisa RUNNING di Machine x86
(AMD / Intel Base).
=> NX Bit ( No eXecute ) & XD bit ( eXecute Disable ).
http://www.osx86scene.com
http://www.maconintel.com
# Yogyafree mengembangkan Study OS maupun Aplikasi
openSource. => Linux OS, OpenOffice, LDAP, MDS / linux Directory
Service, mySQL, PostGreSQL, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar